Keindahan Pura Ulun Danu di Danau Beratan, Bali

~ KEINDAHAN PURA ULUN DANU ~

Pulau Bali memang dikenal sebagai salah satu pulau wisata terbaik di dunia. Berbagai penghargaan telah diperoleh untuk Pulau Bali sebagai pulau terbaik dan tempat paling favorit bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk tujuan wisata. Pulau ini menjadi "The Best Exotic Destination".

Oleh karena itu berbagai tempat yang indah di Pulau Bali dikembangkan menjadi tempat objek wisata. Salah satu objek wisata adalah pesona keindahan di Pura Ulun Danu.

Danau Beratan merupakan danau yang terletak di Kawasan Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan Bali. Danau ini berada di jalur jalan provinsi yang menghubungkan Denpasar dengan Singaraja. Letaknya dekat pula dengan Kebun Eka Karya. Di tengah danau tersebut terdapat pura bernama Pura Ulun Danu.

Pura Ulun Danu merupakan tempat pemujaan kepada Sang Hyang Dewi Danu sebagai dewi pemberi kesuburan. Dewi Danu yang dipercaya sebagai saktinya Dewa Wisnu bertugas untuk memelihara tegaknya eksistensi kata-kata bijak dalam mengelola proses alam itu. Proses alam harus dipelihara dan dijaga dengan baik oleh umat manusia dengan kearifan dan kebijakan. Menurut Canakya Nitisastra, kalau air dan tumbuh-tumbuhan dikelola tanpa kata-kata bijak, semuanya akan membawa bencana bagi umat manusia dan makhluk hidup lainnya. Keberadaan Pura Ulun Danu Batur di Kintamani itu untuk menguatkan tujuannya. Oleh masyarakat Hindu Bali, sampai kini tempat itu dijadikan pusat penguatan jiwa untuk memotivasi umat dalam memelihara lestarinya perpaduan proses alam yang memukau dengan proses perkembangan peradaban manusia.

Dengan adanya Pura Ulun Danu, pemandangan sekitar danau menjadi semakin terlihat Indah. Daerah Bedugul merupakan sebuah tempat yang terletak di daerah pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan nyaman dikelilingi oleh pepohonan tropis. Nampak masih alami, pantulan bayangan pepohonan dan langit di permukaan air sangat memukau pandangan mata. Kadang-kadang danau ini diselimuti oleh kabut. Oleh karena itu, Anda tidak akan menyesal jika berkunjung ke sana.


Di sana, Anda bisa menikmati pemandangan dengan santai sambil jalan kaki, berperahu, atau memotret lingkungan sekitar. Apabila Anda datang saat bertepatan dengan hari baik menurut penghitungan kalender Hindu, di sana Anda bisa menyaksikan umat Hindu Bali melaksanakan upacara sembahyang umat Hindu atau Ngaben.

Danau Beratan terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Bali. Jaraknya kurang lebih 72 km dari Kuta atau Bandara Ngurah Rai. Kalau dari Bandara, Anda bisa menempuh perjalanan selama dua jam untuk sampai di danau menggunakan kendaraan pribadi. Meskipun begitu, Anda tak perlu khawatir akan bosan di perjalanan, sebab sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan alam, kebun-kebun sayur, lembah, dan Anda akan menikmati jalanan yang menanjak berkelok-kelok.

Objek wisata ini juga dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor. Lokasi ini menghubungkan Kota Bangli dengan Kota Singaraja. Sedangkan rute objek menghubungkan objek wisata Kawasan Batur dengan Objek Wisata Tampaksiring dan Besakih.

Setelah melihat Pura Ulu Danu di area Danau Beratan, silahkan kunjungi juga Pura Piguman, Pura Gelgel, dan Pantai Tanah Lot.

Selama di Bali, silahkan menginap di  Bali Golden Elephant Boutique Villa Uluwatu, The Rishi Villa Balangan, atau Bulgari Hotels and Resorts.

Lokasi Pura Ulun Danu ini sangat strategis karena diapit oleh tiga objek wisata terkenal lainnya, yakni Air Terjun GitgitKeasrian Danau Kembar: Buyan dan Tamblingandan Pantai Lovina. Rasakan juga sensasi segarnya ekosistem alam di hutan Sangeh, Pantai Pandawa, dan Desa Adat Panglipuran, Bali.

Tidak hanya objek wisata Pura Ulun Danu saja yang memberikan nuansa indah saat berlibur di Pulau Bali, para pengunjung pun dapat memilih tempat tujuan wisata lainnya. Bersama ARTHA Tour & Travel para wisatawan dapat memilih tempat objek wisata lainnya sebagai tempat liburan yang menyenangkan anda beserta keluarga tercinta.

Silahkan anda klik Lokasi Kategori Tujuan Wisata di bawah ini :




Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment