Monumen Bajra Sandhi

~ MONUMEN BAJRA SANDHI ~

Pulau Bali memang dikenal sebagai salah satu pulau wisata terbaik di dunia. Berbagai penghargaan telah diperoleh untuk Pulau Bali sebagai pulau terbaik dan tempat paling favorit bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk tujuan wisata. Pulau ini menjadi "The Best Exotic Destination".

Oleh karena itu berbagai tempat yang indah di Pulau Bali dikembangkan menjadi tempat objek wisata. Salah satu objek wisata yang adalah pesona keindahan di Monumen Bajra Sandhi.

Apakah Anda pernah mendengar nama monumen Bajra Shandi sebagai monumen perjuangan masyarakat Bali? Bajra Shandi begitu berarti bagi masyarakat Bali sebagai simbol perjuangan. Monumen Bajra Shandi sendiri didirikan untuk menghormati para pahlawan Bali khususnya yang gugur dalam perjuangannya, sekaligus juga monumen ini bisa berfungsi sebagai penjaga spirit kebangsaan dan keutuhan NKRI. Hal demikian terlihat dari simbol yang ada disana, yakni 17 anak tangga di pintu utamanya, 8 buah tiang agung yang terdapat di gedung monumen, dan tingginya sampai 45 meter yang menyimbolkan momentum kemerdekaan Indonesia pada 17-8-1945.

Disamping itu, monumen ini juga menggambarkan sebuah genta yang tinggi menjulang di tengah padma dengan melambangkan pertemuan antara lingga dan yoni yakni sifat maskulinitas dan sekaligus feminitas. Harmonisasi dari keduanya tersebut dipercaya akan melahirkan kesuburan dan kemakmuran. Monumen Bajra Sandhi juga merupakan konsepsi Tri Mandala. Dimana bagian inti disebut Utama Mandala, bagian tengah yang mengitari bagian inti dinamakan Madya Mandala, dan bagian bawah yang mengitarinya merupakan Nista Mandala.

Di bagian Utama Mandala sendiri terdapat tiga lantai yakni Utamaning Utama Mandala, lantai atas monumen ini merupakan sebuah ruangan yang dapat memberikan ketenangan, suatu tempat dimana setiap pengunjung bisa menikmati pemandangan yang ada di sekeliling monumen. Di lantai inipun dipajang 33 diaroma yang menggambarkan sejarah peradaban manusia Bali dari sejak masa pra-sejarah sampai masa kemerdekaan.

Di sekeliling ruangan ini terdapat teras terbuka untuk menikmati pemandangan sekeliling. Lantai di bawahnya lagi dinamakan Nistaning Utama Mandala adalah lantai dasar gedung Monumen. Di sini terdapat ruang informasi, ruang perpustakaan, ruang pameran, ruang pertemuan, ruang administrasi, dan toilet. Di tengah-tengah ruangan tersebut terdapat kolam yang diberi nama Puser Tasik. Di kolam itulah tertancap delapan tiang agung dan tangga naik berbentuk tapak dara (tanda tambah).

Alamat
Jl. Raya Puputan, Denpasar

Operasional
Buka tiap hari Pukul 09.00-19.00 WIB

Akses menuju lokasi
Monumen Bajra Shandi sangat mudah ditemukan karena lokasinya yang tepat berada di jantung Provinsi Bali. Objek wisata ini bisa dijangkau dengan berbagai angkutan, mobil pribadi, ojek maupun taksi.

Tidak hanya objek wisata Monumen Bajra Sandhi saja yang memberikan nuansa indah saat berlibur di Pulau Bali, para pengunjung pun dapat memilih tempat tujuan wisata lainnya. Bersama ARTHA Tour & Travel para wisatawan dapat memilih tempat objek wisata lainnya sebagai tempat liburan yang menyenangkan anda beserta keluarga tercinta.

Silahkan anda klik Lokasi Kategori Tujuan Wisata di bawah ini :




Unknown

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

No comments:

Post a Comment